Google Docs Media Belajar Siswa


Kemajuan teknologi sudah tidak bisa dibendung lagi, Akses internet membawa dampak perubahan yang signifikan baik itu pola pikir, gaya hidup maupun keterampilan. Teknologi komunikasi informatika seperti handphone yang dulunya hanya mempunyai fasilitas sms dan telpon, namun sejalan perkembangan zaman, jenis alat komunikasi tersebut mulai ditinggalkan dan dalam peredaran nya tergantikan oleh alat komunikasi berbasis android yang didalamnya memiliki segudang fasilitas untuk memudahkan akses internet, dan teknologi ini seperti komputer berjalan artinya mudah dibawa kemana - mana cukup dimuat dalam saku baju maupun celana sehingga tidak perlu menenteng tas kesana kemari.

Dengan segudang fasilitas yang ada dalam alat komunikasi berbasis android tersebut ada sebuah sistem yang di bangun oleh google yang merupakan mesin pencari (search engine) terbesar dalam perambatan ke dalam web - web yang dapat dijangkau dengan koneksi internet, aplikasi tersebut berupa google docs. Google docs merupakan layanan berbasis web dan aplikasi yang berfungsi untuk pengolahan kata, lembar sebar, presentasi, dan lain-lain (wikipedia). Fungsinya hampir sama dengan microsoft office seperti Word, dengan fungsi sama seperti itu, dan juga bisa diakses melalui alat komunikasi berupa handphone yang dapat diunduh (download) melalui aplikasi play store, aplikasi tersebut merupakan fasilitas yang dimiliki handphone (hp) android, namun ada juga beberapa handphone yang sudah menyediakan google docs dalam fasilitas nya, sehingga tidak perlu lagi melalui proses unduh atau download, sehingga google docs ini bisa dimanfaatkan guru untuk menjadikan media pembelajaran.

Menurut permendikbud No. 22 tahun 2016 dijelaskan dalam komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdapat media pembelajaran, yaitu berupa alat bantu dalam menyampaikan materi pelajaran, sebelumnya masih dalam komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang diatur dalam permendikbud tersebut, terdapat juga metode pembelajaran yang digunakan pendidik yakni guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat memenuhi capaian Kompetensi Dasar sesuai karakteristik peserta didik. Dari dua komponen tersebut metode dan media, pengajar berupaya untuk mewujudkan kelas yang aktif dan menyenangkan baik dengan memanfaatkan fasilitas yang ada maupun penggabungan pembelajaran berbasis Teknologi Informatika dan Komunikasi ( TIK ).

Di daerah-daerah kota besar maupun daerah yang mulai berkembang, fasilitas alat komunikasi bukan hal tabu lagi, karakteristik orang tua yang selalu berupaya untuk memfasilitasi anak nya berupa alat komunikasi yang mumpuni dalam pengaksesan internet. Dengan fasilitas yang dimiliki siswa tersebut, kenapa tidak kita manfaatkan sebagai sarana untuk memudahkan kita sebagai pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran, maupun ringkasan materi pelajaran, selain itu dapat juga dijadikan sarana untuk  presentasi siswa di kelas maupun diluar kelas.

Fasilitas google docs memungkinkan kita untuk menyampaikan materi ajar, juga membagi tugas-tugas pelajaran maupun sebagai media presentasi dari tugas - tugas yang telah disampaikan dengan melalui share link atau berbagi alamat google docs yang guru pegang, maupun membuat group google docs melalui menyimpan alamat-alamat email siswa ke dalam google docs yang dimiliki guru, sehingga memungkin kan siswa untuk mengakses dokumen - dokumen materi, dan tugas - tugas pelajaran yang ada dalam google docs yang guru buat.

Karakteristik google docs yang paling menarik adalah setiap kata maupun kalimat yang tertulis dalam lembar ketik dapat langsung diedit bersama - sama sekaligus, sehingga memungkinkan guru untuk langsung mengoreksi hasil olahan kata yang diketik siswa ke dalam google docs tersebut. Strategi ini alangkah baiknya dikombinasikan juga dengan metode cooperative learning, hal ini baik bagi siswa, agar siswa yang tidak memiliki fasilitas berupa alat komunikasi dapat berkolaborasi dan berinteraksi dengan strategi yang dirancang guru, sebab dalam strategi cooperative learning, proses pembelajaran dirancang untuk mendidik siswa saling bekerja sama dalam sebuah kelompok. Dalam pelaksanaanya, diupayakan dalam sebuah kelompok tersebut dibuat struktur organisasi kecil, yang didalamnya terdapat tim ahli, tim ahli adalah siswa yang mempunyai kemampuan menonjol dalam memahami program - program aplikasi yang terdapat dalam alat komunikasi tersebut, selain itu, mereka yang akan bertugas untuk mengetik laporan maupun jawaban dari pertanyaan yang dibuat. Tim ahli ini tidak serta merta hanya dipegang oleh siswa yang memiliki kemampuan memahami aplikasi saja, akan tetapi bisa di rolling dengan siswa lain, maksudnya agar siswa yang lain mampu memahami kerja dari google docs itu sendiri maupun dalam hal mengetik atau membuat laporan dengan memanfaatkan fasilitas dari google docs tersebut.

Saat ini, pendidikan berada di masa pengetahuan (knowledge age) dengan percepatan peningkatan pengetahuan yang luar biasa. Percepatan peningkatan pengetahuan ini didukung oleh penerapan media dan teknologi digital yang disebut  dengan information superhighway (Gates, 1996). Sejak internet diperkenalkan di dunia  komersial pada awal tahun 1970 an, informasi menjadi semakin cepat terdistribusi ke seluruh penjuru dunia. Di abad ke 21 ini, pendidikan menjadi semakin penting untuk menjamin peserta didik memiliki keterampilan belajar dan berinovasi, keterampilan menggunakan  teknologi dan media informasi, serta dapat bekerja, dan bertahan dengan menggunakan keterampilan untuk hidup (life skills).

Semakin beratnya tantangan dunia pendidikan untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan zaman, guru sebagai ujung tombak dalam mencetak pola pikir, keterampilan dan karakter peserta didik harus mampu menyiapkan diri dalam pengelolaan teknologi informatika dengan baik dan mengkolaborasi nya dengan materi pelajaran sehingga kemajuan pendidikan berjalan beriringan dengan perkembangan abad 21.
Penulis :
RAFII HAMDI
SD NEGERI 1 BATULICIN KAB.TANAH BUMBU

0 Response to "Google Docs Media Belajar Siswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel