SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER/PENILAIAN TENGAH SEMESTER BAHASA INDONESIA SMA/MA KELAS X DILENGKAPI KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENILAIAN



SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER

BAHASA INDONESIA KELAS X

1. Setiap teks memiliki struktur yang berbeda dengan jenis teks yang lain. Jelaskan struktur teks laporan hasil observasi!

2. Cermatilah teks berikut!

MAPAG PANGANTEN

Perkembangan zaman mengubah pola pikir dan olahrasa masyarakatnya. Mereka lebih cenderung menggandrungi hal-hal yang bersifat “dari luar” dan hampir meninggalkan tradisi yang kaya dengan nilai-nilai. Contohnya, prosesi upacara adat mapag penganten yang berasal dari Jawa Barat. Rata-rata generasi muda melengahkan nama upacara ini.

Hampir setiap daerah memiliki prosesi upacara dalam menyambut kedatangan pengantin. Salah satu yang mengundang perhatian adalah keseruan dari prosesi upacara adat “mapag penganten” yang berasal dari Jawa Barat. Prosesi ini biasanya tidak hanya ada dalam pesta pernikahan, tetapi kerap juga ditampilkan dalam menyambut kedatangan para pejabat atau tamu negara. Upacara Adat “mapag panganten” merupakan salah satu ritual yang menjadi bagian dari seluruh rangkaian upacara adat penyambutan dalam masyarakat Sunda. Kesenian ini melibatkan sejumlah pemain gamelan, penari, pembawa umbul-umbul, dan Ki Lengser (sering disebut “lengser” saja).

            Gamelan dalam “mapag penganten” sebagai musik pengiring upacara. Gamelan merupakan kesenian yang memadukan berbagai alat musik. Gamelan Sunda terdiri atas bonang, saron panjang, jenglong, gong, kendang, suling, dan rebab. Jumlah pemainnya sesuai dengan jumlah instrumen yang dipakai. Penamaan pemain (nagaya) sesuai dengan instrumen yang dimainkannya ditambah kata tukang. Misalnya, pemain bonang disebut tukang bonang, pemain jenglong disebut tukang jenglong, dan seterusnya.

            Untuk kelengkapan pemikat, gamelan mengiringi tarian Merak. Sesuai dengan nama tariannya, pakaian dan gerakannya menggambarkan kehidupan merak yaitu binatang sebesar ayam dengan bulunya yang halus, bermahkota di kepala dan selalu mengembangkan bulu ekor untuk menarik merak betina. Para penari memakai kain dan baju yang menggambarkan bentuk dan warna bulu-bulu merak seperti warna hijau, biru, dan hitam. Ditambah sepasang sayap yang melukiskan sayap atau ekor merak yang sedang dikembangkan serta mahkota motif burung merak.

            Selain musik dan tariannya, kehadiran Ki Lengser atau Mang lengser biasanya menjadi sosok yang menarik perhatian penonton atau tamu undangan. Ki Lengser, orang yang mengarahkan jalannya upacara tersebut. Begitu rombongan kedua mempelai datang ke gedung/tempat resepsi, lengser menyambut dan mengarahkan mereka ke kursi pelaminan dengan diiringi para penari dan pembawa umbul-umbul. Peran lengser ini dilakoni oleh seorang pria. Sosok lengser diperankan sebagai seorang kakek dengan pakaian yang dikenakan terdiri dari: baju kampret,celana pangsi dilengkapi dengan sarung yang diselendangkan, dan totopong (ikat kepala). Dengan memperlihatkan giginya yang ompong dan gerakan tari yang lucu, kehadirannya tak pelak mengundang tawa penonton/tamu undangan.

            Upacara Mapag Panganten tidak berlangsung lama, karena fungsinya hanya untuk menyambut kedatangan kedua mempelai/pejabat/tamu negara dan mengantarkannya ke kursi pelaminan. Namun meski begitu, kehadirannya kerap ditunggu dan mengundang decak kagum banyak orang. (Yeni Elvira Syofyan)

Analisislah ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi yang meliputi kata/frasa verba dan nomina, afiksasi, kalimat definisi/deskripsi, dan kalimat simpleks/kompleks.

3. Setiap teks memiliki struktur yang berbeda dengan teks yang lain. Jelaskan struktur teks eksposisi!

4. Permasalahan lingkungan sangat beragam dan kompleks. Tulislah teks eksposisi bertema permasalahan lingkungan.

5. Analislah kebahasaan teks eksposisi yang telah Anda buat yang meliputi kata teknis/istilah, kata sifat, afiksasi, dan kalimat verba.



KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENILAIAN
PENILAIAN TENGAH SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/1
Kurikulum                   : 2013
Guru Mapel                 : Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.

1. Struktur teks laporan hasil observasi
Teks laporan hasil observasi disusun dengan struktur (a) pernyataan umum atau klasifikasi, (b) deskripsi bagian, dan (c) deskripsi manfaat. Pernyataan umum berisi pembuka atau pengantar hal yang akan disampaikan. Bagian ini berisi hal umum tentang objek yang akan dikaji, menjelaskan secara garis besar pemahaman tentang hal tersebut. Deskripsi per bagian berisi penjelasan detail mengenai objek atau bagian yang diklasifikasikan. Deskripsi manfaat menunjukkan bahwa setiap objek yang diamati memiliki manfaat atau fungsi dalam kehidupan.
Pedoman Penskoran:

No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menjelaskan struktur teks laporan hasil observasi meliputi definisi umum, deskripsi per bagian, dan deskripsi manfaat  dengan sangat tepat.
4
2
Peserta didik menjelaskan struktur teks laporan hasil observasi meliputi meliputi definisi umum, deskripsi per bagian, dan deskripsi manfaat  dengan tepat.
3
3
Peserta didik menjelaskan struktur teks laporan hasil observasi meliputi definisi umum, deskripsi per bagian, dan deskripsi manfaat  dengan kurang tepat.
2
4
Peserta didik menjelaskan struktur kebahasaan teks laporan hasil observasi meliputi definisi umum, deskripsi per bagian, dan deskripsi manfaat  dengan tidak tepat.
1

Total Skor


2. Aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi

1. Kata serta Frasa Verba dan Nomina
Frasa nomina: Perkembangan zaman, prosesi upacara

Frasa verba: hampir meninggalkan, sedang dikembangkan

2. Afiksasi

meng- + ubah = mengubah

meng-I + gandrung = menggandrungi

ke-an + datang = kedatangan
3. Kalimat Definisi dan Kalimat Deskripsi

Adat “mapag panganten” merupakan salah satu ritual yang menjadi bagian dari seluruh rangkaian upacara adat penyambutan dalam masyarakat Sunda.

Gamelan merupakan kesenian yang memadukan berbagai alat musik.

4. Kalimat Simpleks dan Kompleks

Simpleks: Rata-rata generasi muda melengahkan nama upacara ini.

Kompleks: Mereka lebih cenderung menggandrungi hal-hal yang bersifat “dari luar” dan hampir meninggalkan tradisi yang kaya dengan nilai-nilai.
Pedoman Penskoran:

No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks laporan hasil observasi meliputi kata/frasa verba dan nomina, afiksasi, kalimat definisi/deskripsi, dan kalimat simpleks/kompleks dengan sangat tepat.
4
2
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks laporan hasil observasi meliputi kata/frasa verba dan nomina, afiksasi, kalimat definisi/deskripsi, dan kalimat simpleks/kompleks dengan tepat.
3
3
Peserta didik menganalisis  kebahasaan teks laporan hasil observasi meliputi kata/frasa verba dan nomina, afiksasi, kalimat definisi/deskripsi, dan kalimat simpleks/kompleks dengan kurang tepat.
2
4
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks laporan hasil observasi meliputi kata/frasa verba dan nomina, afiksasi, kalimat definisi/deskripsi, dan kalimat simpleks/kompleks dengan tidak tepat.
1

Total Skor



3. Struktur teks eksposisi

Teks eksposisi merupakan teks yang dibangun oleh pendapat atau opini. Sejalan dengan isi teks eksposisi, struktur teks eksposisi meliputi (a) tesis atau penyataan pendapat, (b) argumentasi, dan (c) penegasan ulang.
Tesis atau pernyataan pendapat adalah bagian pembuka dalam teks eksposisi. Bagian tersebut berisi pendapat umum yang disampaikan penulis terhadap permasalahan yang diangkat dalam teks eksposisi.

Argumentasi merupakan unsur penjelas untuk mendukung tesis yang disampaikan. Argumentasi dapat berupa alasan logis, data hasil temuan, fakta-fakta, bahkan pernyataan para ahli. Argumen yang baik harus mampu mendukung pendapat yang disampaikan penulis atau pembicara.

Bagian terakhir adalah penegasan ulang, yaitu bagian yang bertujuan menegaskan pendapat awal serta menambah rekomendasi atau saran terhadap permasalahan yang diangkat.
Pedoman Penskoran:

No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menjelaskan struktur teks eksposisi meliputi tesis/ pernyataaan pendapat, argumentasi, dan penegasan ulang/rekomendasi  dengan sangat tepat.
4
2
Peserta didik menjelaskan struktur teks eksposisi meliputi tesis/ pernyataaan pendapat, argumentasi, dan penegasan ulang/rekomendasi    dengan tepat.
3
3
Peserta didik menjelaskan struktur teks eksposisi meliputi tesis/ pernyataaan pendapat, argumentasi, dan penegasan ulang/rekomendasi  dengan kurang tepat.
2
4
Peserta didik menjelaskan struktur kebahasaan teks eksposisi meliputi tesis/pernyataaan pendapat, argumentasi, dan penegasan ulang/rekomendasi  dengan tidak tepat.
1

Total Skor



4. contoh teks eksposisi bertema lingkungan

Nilai Akhir : (skor nomor 1+ 2+3+4+5 ) X 5

Nilai maksimal : 20 X 5 = 100

Sumber : ZuhriIndonesia

0 Response to "SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER/PENILAIAN TENGAH SEMESTER BAHASA INDONESIA SMA/MA KELAS X DILENGKAPI KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENILAIAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel