BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN
Berikut disajikan bedah kisi-kisi ujian nasional (UN) tahun 2019 SMP/MTs mata pelajaran Bahasa Indonesia berupa pengembangan indikator soal, contoh soal, dan pembahasan yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs berdasarkan Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
BAHAN LENGKAP PERSIAPAN UN DAN USBN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
1. BEDAH KISI-KISI USBN SD/MI, INDIKATOR SOAL USBN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK
4. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK SMK/MAK KLIK
6. Soal dan Kunci Jawaban Persiapan UN 2019 Mapel Sastra Indonesia Klik
6. Soal dan Kunci Jawaban Persiapan UN 2019 Mapel Sastra Indonesia Klik
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN
CATATAN: SOAL UN SEBANYAK 50 SOAL. Indikator Materi | Indikator Soal | No. |
A. MEMBACA NONSASTRA | ||
Menentukan makna kata/kalimat pada teks | Disajikan kalimat, peserta didik mampu menentukan makna kata/istilah dalam kalimat dengan tepat. | 1 |
Disajikan paragraf yang terdiri beberapa kalimat yang diberi nomor, peserta didik mampu menentukan maksud kalimat tertentu pada paragraf dengan tepat. | 2 | |
Menentukan informasi tersurat teks | Disajikan sebuah teks hasil observasi (2 paragraf), peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks dengan tepat. | 3 |
Disajikan sebuah teks hasil observasi (2 paragraf), peserta didik dapat menetukan jawaban pertanyaan tentang isi teks tersebut dengan tepat. | 4 | |
Disaiikan teks cerita biografi (2-3 paragraf) peserta didik dapat menentukan keistimewaan tokoh pada teks tersebut dengan tepat. | 5 | |
Disaiikan teks cerita biografi (2-3 paragraf) peserta didik dapat menentukan sikap/tindakan tokoh yang patut diteladani pada teks tersebut dengan tepat. | 6 | |
Disajikan teks eksplanasi (1-2 paragraf), peserta didik dapat menentukan jawaban atas pertanyaan tentang peristiwa pada teks tersebut dengan tepat. | 7 | |
Menentukan bagian teks | Disajikan teks yang terdiri 4-5 kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan pertentangan dengan tepat. | 8 |
Menentukan ide pokok | Disajikan teks eksposisi terdiri 4-5 kalimat, peserta didik dapat menentukan gagasan utama teks tersebut dengan tepat. | 9 |
Disajikan teks hasil observasi terdiri 4-5 kalimat , peserta didik dapat ide pokok paragraf tersebut dengan tepat. | 10 | |
Disajikan teks eksposisi yang terdiri 4-5 kalimat, peserta didik dapat menentukan menentukan kalimat utama teks tersebut dengan tepat. | 11 | |
Menyimpulkan isi teks | Disajikan teks cerita yang terdiri 5-6 kalimat, peserta didik dapat menentukan simpulan isi paragraf dengan tepat. | 12 |
Menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks | Disaiikan teks cerita biografi (2-3 paragraf) peserta didik dapat menentukan pandangan penulis pada teks tersebut dengan tepat. | 13 |
Disajikan teks eksplanasi (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan pernyataan persetujuan paada paragraf kedua teks tersebut dengan tepat. | 14 | |
Disajikan teks diskusi (2 paragraf), peserta didik dapat menentukan pernyataan yang merupakan argumen pendukung dengan tepat. | 15 | |
Meringkas isi teks | Disajikan teks eksposisi (2 paragraf), peserta didik dapat menentukan ringkasan teks tersebut dengan tepat. | 16 |
Disajikan teks diskusi (2 paragraf), peserta didik dapat menentukan ringkasan yang tepat teks tersebut. | 17 | |
Membandingkan penggunaan bahasa, dan pola penyajian beberapa jenis teks | Disajikan dua buah teks, peserta didik mampu membandingkan penggunaan bahasa kedua teks dengan tepat. | 18 |
Disajikan dua buah teks (teks berita dan teks ulasan/resensi), peserta didik mampu membandingkan pola penyajian kedua teks dengan tepat. | 19 | |
Menilai keunggulan/kelemahan teks | Disajikan teks cerita biografi (1-2 paragraf), peserta didik dapat menentukan bagian yang merupakan kelemahan/keunggulan teks tersebut dengan tepat. | 20 |
Mengomentari isi teks | Disajikan penggalan teks, peserta didik mampu mengomentari isi teks dengan tepat. | 21 |
B. MEMBACA SASTRA | ||
Menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel | Disajikan puisi, peserta didik mampu mengartikan kata simbolik pada cerpen/fabel dengan tepat. | 22 |
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan makna ungkapan dalam kutipan tersebut dengan tepat | 23 | |
menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel | Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan tokoh utama pada teks tersebut dengan tepat. | 24 |
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan pemanfaatan yang merupakan interpretasi pada teks tersebut dengan tepat. | 25 | |
Disajikan kutipan dialog teks drama, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang merupakan isi dialog salah satu tokoh pada kutipan dengan tepat. | 26 | |
menentukan bagian cerpen dan fabel | Disajikan teks cerpen dan fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan peristiwa yang dialami tokoh dengan tepat. | 27 |
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan bagian komplikasi teks tersebut dengan tepat. | 28 | |
Disajikan teks cerita pendek, peserta didik dapat menentukan latar (tempat, waktu, suasana) cerita pendek pada kutipan dengan tepat. | 29 | |
Disajikan teks cerita pendek, peserta didik dapat menentukan cara pengarang menggambarkan watak tokoh pada kutipan cerpen tersebut dengan tepat. | 30 | |
Menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel | Disajikan kutipan cerpen, peserta didik mampu menentukan makna simbol dalam kutipan dengan dengan tepat. | 31 |
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel | Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan nilai moral yang terdapat pada teks tersebut dengan tepat. | 32 |
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan amanat cerita teks tersebut dengan tepat. | 33 | |
Menyimpulkan sebab/akibat konflik | Disajikan teks cerita pendek(2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan konflik cerita pada teks tersebut dengan tepat. | 34 |
Disajikan teks cerita pendek(2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan sebab konflik cerita pada teks tersebut dengan tepat. | 35 | |
Disajikan teks cerita pendek(2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan akibat konflik cerita pada teks tersebut dengan tepat . | 36 | |
Membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel | Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (fabel), peserta didik Menentukan perbedaan pola pengembangan dua kutipan fabel tersebut dengan tepat. | 37 |
Membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel | Disajikan dua kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan perbedaan penggunaan bahasa pada dua kutipan cerpen dengan tepat. | 38 |
menunjukkan bukti latar dan watak | Disajikan teks cerita pendek(2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan bukti watak tokoh yang terdapat pada teks tersebut dengan tepat. | 39 |
Disajikan penggalan cerita, peserta didik mampu menunjukkan kalimat bukti tentang seting/latar cerita dengan tepat. | 40 | |
Mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini | Disajikan penggalan fabel, peserta didik mampu mengaitkan isi fabel kehidupan masa kini dengan tepat. | 41 |
Disajikan penggalan cerpen, peserta didik mampu mengaitkan isi cerpen dengan kehidupan masa kini dengan tepat. | 42 | |
mengomentari unsur intrinsik karya sastra | Disajikan penggalan fabel/ cerpen, peserta didik mampu menunjukkan keunggulan cerita dengan tepat. | 43 |
Disajikan penggalan fabel/cerpen , peserta didik mampu menunjukkan kelemahan cerita dengan tepat. | 44 | |
C. MENULIS TERBATAS | ||
melengkapi istilah/kata dalam kalimat | Disajikan kalimat yang dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan kata depan (di, ke, dari) untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut dengan tepat. | 45 |
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan kata seru yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut dengan tepat. | 46 | |
menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks | Disajikan lima kalimat eksposisi secara acak, peserta didik mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun paragraf eksposisi dengan tepat. | 47 |
Disajikan lima kalimat prosedur secara acak, peserta didik mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks prosedur dengan tepat. | 48 | |
Disajikan lima kalimat laporan secara acak, peserta didik mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks laporan dengan tepat. | 49 | |
melengkapi paragraf dengan kalimat | Disajikan penggalan paragraf yang dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat. | 50 |
melengkapi bagian teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain) | Disajikan penggalan teks yang dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan bagian teks yang tepat. | 51 |
Memvariasikan kata | Disajikan sebuah paragraf dengan dua kata bercetak miring, peserta didik dapat memvariasikan kata yang bermakna sama pada kata bercetak miring dengan tepat. | 52 |
Memvariasikan kalimat | Disajikan sebuah paragraf dengan kalimat bernomor, peserta didik dapat memvariasikan kalimat yang bertujuan/bermakna sama dengan kalimat bernomor tertentu dengan tepat. | 53 |
menulis dengan ilustrasi tertentu | Disajikan ilustrasi/data dalam bentuk tabel, peserta didik dapat menentukan paragraf yang tepat berdasarkan data hasil pengamatan suatu objek dengan tepat. | 54 |
Mengubah teks ke bentuk lain | Disajikan kutipan cerpen, peserta didik dapat mengubah kutipan cerpen dengan sudut pandang pengarang berbeda (orang pertama ke orang ketiga atau sebaliknya) dengan tepat. | 55 |
Disajikan kutipan teks drama, peserta didik dapat menentukan cerpen yang tepat sesuai dengan kutipan naskah drama dengan tepat. | 56 | |
D. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF | ||
menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah | Disajikan paragraf dengan dua kata yang digunakan secara tidak tepat, peserta didik mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat. | 57 |
menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah | Disajikan empat kalimat bernomor yang salah satunya kalimat tidak efektif, peserta didik mampu mengidentifikasi kalimat yang tidak efektif dengan tepat. | 58 |
menggunakan kata bentukan sesuai dengan kaidah | Diajikan kalimat yang dirumpangkan, peserta didik mampu mengisi bagian rumpang dengan kata bentukan (kata berimbuhan) dengan tepat. | 59 |
menggunakan konjungsi dalam kalimat | Disajikan kalimat yang dirumpangkan, peserta didik mampu mengisi bagian rumpang dengan kata penghubung dengan tepat. | 60 |
Memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata berimbuhan, peserta didik dapat menentukan perbaikan kesalahan penggunaan kata berimbuhan dengan tepat. | 61 |
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata gabung/kata ulang, peserta didik dapat menentukan perbaikan kesalahan penggunaan kata gabung/kata ulang dengan tepat. | 62 | |
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak efektif, peserta didik mampu menentukan perbaikan kalimat dengan tepat. | 63 | |
Disajikan teks eksplanasi (1 paragraf) yang terdapat kalimat tidak padu, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat tersebut dengan tepat . | 64 | |
Menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata, peserta didik mampu menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata dengan tepat. | 65 |
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kalimat, peserta didik mampu menentukan alasan kesalahan dari segi penggunaan kalimat dengan tepat. | 66 | |
E. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA | ||
Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan | Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan kata depan, peserta didik mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata depan dengan tepat. | 67 |
Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca | Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda baca tanya, peserta didik mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda baca tanya dengan tepat. | 68 |
Menggunakan ejaan | Disajikan paragraf terdapat penggunaan kata depan, peserta didik mampu menggunakan kata depan dengan tepat. | 69 |
Menggunakan tanda baca | Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda titik dua, peserta didik mampu menggunakan tanda titik dua dengan tepat. | 70 |
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata/gabungan kata, peserta didik mampu menentukan perbaikan kata/gabungan kata dengan tepat. | 71 |
Disajikan teks tanggapan deskriptif (1 paragraf) yang terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital, peserta didik dapat menentukan perbaikannya dengan tepat. | 72 | |
Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca | Disajikan teks cerita biografi yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca (1 paragraf), peserta didik dapat menentukan perbaikannya dengan tepat. | 73 |
Menentukan alasan kesalahan ejaan dan tanda baca | Disajikan teks tanggapan yang terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital peserta didik mampu menentukan alasan kesalahan dengan tepat. | 74 |
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda koma, peserta didik mampu menentukan alasan kesalahan dengan tepat. | 75 |
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
16. Menentukan Latar Suasana Cerita Klik
17. Menentukan Cara Penggambaran Watak Tokoh dalam Cerita Klik
18. Menentukan Makna Kata Simbolik Klik
19. Menentukan Amanat Cerita Klik
20. Menentukan Nilai Moral dalam Cerita Klik
21. Menentukan Penyebab Konflik dalam Cerita Klik
22. Menentukan Perbedaan Pola Pengembangan Cerita Klik
22. Menentukan Perbedaan Pola Pengembangan Cerita Klik
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
BACA DI BLOG:
1. Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks
2. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
3. Makna kata dalam teks
4. Ide pokok paragraf
- Simpulan paragraf
- Kalimat persetujuan dalam teks
- Kalimat hubungan sebab akibat
- Kalimat yang menunjukkan (bukti) watak tokoh cerita
- Konflik dalam cerita
- Amanat cerita
- Kalimat yang tidak padu dalam teks
- Peristiwa yang tergambar dalam teks
- Teks laporan
- Urutan kalimat teks sastra
- Mengubah teks ke bentuk teks lain
- Perbaikan penulisan ejaan
- Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
- Ringkasan teks
- Tokoh utama cerita
- Konflik, penyebab konflik, dan akibat konflik
- Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
- Kalimat yang menyatakan keunngulan buku
- Struktur teks resensi
- Pendapat pro dan kontra
- Jenis-jenis teks prosedur
- Melengkapi teks prosedur
- Menyunting teks prosedur
- Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
- Keteladanan tokoh dalam teks biografi
- Fakta dan opini dalam teks biografi
- Membandingkan nilai moral dua teks fabel
- Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel
- Bagian-bagian teks ulasan film/drama
- Cara memvariasikan kalimat
- Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
- Makna simbol dalam cerpen
- Menentukan bagian alur cerpen
- Syarat-syarat paragraf yang baik
- Melengkapi kalimat dengan istilah yang tepat
- Melengkapi kalimat dengan kata bentukan
42.Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat
- Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
- Kalimat tidak efektif
- Alasan penggunaan kata yang salah
- Penulisan huruf kapital
- Penggunaan ejaan yang tidak tepat
- Kesalahan penggunaan tanda baca
- Penggunaan ejaan yang tepat
- Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca
Sumber : ZuhriIndonesia
0 Response to "BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN"
Post a Comment