Bukti Fisik Akreditasi 2018 SD/MI Standar Kompetensi Lulusan: Instrumen 32-38 Lengkap Dengan Penjelasannya
Bukti Fisik Akreditasi 2018 SD/MI Standar Kompetensi Lulusan: Instrumen 32-38 Lengkap Dengan Penjelasannya
Delapan komponen standar nasional pendidikan yang disusun oleh Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP). Dalam blog ini kami bahas bukti fisik akreditasi sekolah SD/MI lengkap 119 instrumen akreditasi dari 8 standar. Delapan standar tersebut meliputi (1) Standar Isi (2) Standar Proses (3) Standar Kompetensi Lulusan (4) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (5) Standar Sarana dan Prasarana (6) Standar Pengelolaan (7) Standar Pembiayaan (8) Standar Penilaian Pendidikan.
Dalam artikel ini yang dibahas adalah Standar 2 yaitu Standar Proses dan bukti fisik yang harus disediakan.
Untuk lebih jelasnya mari kita mulai saja.
Instrumen No 32
Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME ,sesuai perkembangan siswa yang diperoleh dari pengalaman siswa
dalam pembelajaran melalui pembiasaan :
(1) integrasi pengembangan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dalam kegiatan pembelajaran,
(2) berdoa setiap memulai dan mengakhiri kegiatan,
(3) santun dalam berbicara dan berperilaku,
(4) berpakaian sopan sesuai aturan sekolah / madrasah,
(5) mengucapkan salam saat masuk kelas,
(6) melaksanakan kegiatan ibadah,
(7) menyukuri setiap nikmat yang diperoleh,
(8) menumbuhkan sikap saling menolong / berempati,
(9) menghormati perbedaan, (10) antre saat bergantian memakai fasilitas sekolah sekolah / madrasah.
Bukti fisiknya:
1.Dokumen
a.Program Pembiasaan yang ada di Sekolah/Madarsah dan bukti pelaksanaan program dapat didownload pada link di bawah
b.Foto2 kegiatan yang mencerminkan sikap religius siswa
2.Observasi lingkungan tentang aktifitas yang dilakukan oleh siswa
baik dalam kegitan intrakurikuler,kokurikuler dan ekstrakurikuler.
idikan dan komite.
3.Wawancara dengan kepala sekolah,guru,tenaga pendidikan dan
komite sekolah
Download Contoh Program pembiasaan, Berita acara, Daftar hadir rapat, Notulen,Undangan
Program pembiasaan Sekolah/Madrasah. Jadwal pembiasaan, SK Pembagian Tugas
PBM dan tugas lain. Foto Sholat berjamaah, Duha dll.
Foto antre masuk kelas, WC, Perpus dll.
Tata tertib sekolah (Download contoh Tata Tertib Sekolah), kelas, Perpus.
Dokumen hasil pengamatan PBM, Kokurikuler, Ekstrakurikuler.
Dokumen kegiatan Ekstrakurikuler ( Program,Jadwal,Daftar Hadir,Pelaksanaan, Evaluasi Program)
Instrumen No 33.
Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sosial dengan karakter :
(1) jujur dan bertanggung jawab ,
(2) peduli,
(3) gotong-royong dan demokratis,
(4) percaya diri,
(5) nasionalisme yang diperoleh melalui kegiatan pembelajaran dan pembiasaan.
Bukti Fisik:
1.Dokumen
a.Program pembiasaan Sekolah/Madrasah. Jadwal, dan Laporan pelaksanaan kegiatan serta evaluasi.
b.Dokumentasi kegiatan. (Foto kegiatan yang berkaitan pengembangan karakter).
2.Observasi aktifitas siswa terkait dengan pengembangan karakter.
3.Wawancara dengan guru kelas dan siswa.
Instrumen No 34.
Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap pembelajar sejati sepanjang hayat sesuai dengan perkembangan anak, yang diperoleh dari pengalaman pembelajaran dan pembiasaan melalui gerakan literasi sekolah/madrasah, meliputi:
(1) perencanaan dan penilaian program literasi,
(2) waktu yang cukup untuk kegiatan literasi,
(3) membaca buku,
(4) lomba terkait literasi,
(5) memajang karya tulis,
(6) penghargaan berkala untuk siswa,
(7) pelatihan literasi
Program literasi, foto -foto kegiatan literasi di sekolah, Jadwal pelaksanaan kegiatan literasi, Hasil kerja literasi anak berupa sinopsis sederhana.
Instrumen No 35.
Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sehat jasmani dan rohani melalui kegiatan Kesiswaan , berupa :
(1) olahraga,
(2) seni,
(3) kepramukaan,
(4) UKS,
(5) keagamaan,
(6) lomba yang terkait dengan kesehatan jasmani dan rohani
Bukti Fisik:
1.Dokumen
a.Program, Laporan dan Dokumentasi Kegiatan Kesiswaan.
b.Kehadiran siswa dalam pembelajaran
c.Kegiatan Ekstrakulikuler Wajib maupun pilihan.
d.Kegiatan UKS yang meliputi: Kantin Sehat,Bina mental Untuk pencegahan Napza (Narkotika,Alkohol,Psikotropika dan Zat Aditif lainnya) HIV/AIDS,tindak kekerasan dll
e.Prestasi dalam bidang OR dan seni.
f.Catatan perkembangan siswa dari guru PJOK wali kelas dan kepala sekolah
2.Wawancara Guru, siswa dan komite sekolah.
3.Observasi lingkungan sekolah yang meliputi kantin,UKS dan Koperasi.
Dibuktikan dengan adanya Program ekstra kurikuler ( OR,Seni,Pramuka,TPQ ), Jadwal, Daftar hadir, Penilaian kegiatan ekstra, buku pembimbingan dan pengiriman dan hasil lomba ( dibuktikan dengan piagam ), Administrasi UKS, Kantin, Koperasi.
Silahkan Download Contoh Program Ekstrakurikuler Sekolah
Silahkan Download Contoh Program UKS
Instrumen No 36.
Siswa memiliki pengetahuan :
(1) faktual,
(2) konseptual,
(3) prosedural,
(4) metakognitif dalam setiap tema sesuai dengan pembelajaran tematik terpadu
Bukti fisik:
1.Dokumen
a.Silabus,RPP setiap mapel
b.Portofolio dan Laporan Kegiatan
c.Penilaian.
2.Observasi
a.Proses Kegiatan PBM dikelas dan di luar kelas.
b.Sarpras yang berkaitan dengan KBM.
3.Wawancara dengan guru dan siswa.
Instrumen No 37.
Siswa memperoleh pengalaman pembelajaran yang ditunjukkan oleh kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal, meliputi:
(1) kegiatan yang menunjukkan keberagaman budaya,
(2) peringatan hari-hari besar ,
(3) peringatan hari-hari besar agama,
(4) pentas seni budaya,
(5) bulan bahasa
Bukti Fisik:
1.Dokumen
a.Program Sekolah
b.Laporan Pelaksanaan Kegiatan seni dan Budaya Lokal.
2.Observasi Proses pembelajaran kegiatan Intrakurikuler,Kokurikuler dan Ekstrakurikuler.
3.Wawancara dengan guru dan siswa.
Dokumen ( Karnaval mengenakan pakaian adat, Kliping keragaman budaya,)
penggunaan metode bermain peran
Dukumen kegiatan hari besar nasional
Dokumen kegiatan PHBI
Dokumen kegiatan pentas seni dan Budaya
Dokumen kegiatan Bulan Bahasa
Instrumen No 38.
Siswa memperoleh pengalaman pembelajaran menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif melalui pemanfaatan sumber belajar berupa
(1) bahan ajar,
(2) buku teks,
(3) perpustakaan,
(4) alat peraga,
(5) internet
Bukti fisik:
Dibuktikan dengan adanya Buku Peminjaman penggunaan sumber belajar ( Bahan ajar,Buku teks, Perpustakaan, Alat peraga dan,
Internet dibuktikan dengan hasil download dari internet berkaitan dengan materi pelajaran) .
Baca Juga Bukti Fisik Akreditasi 2018 SD/MI Standar Isi: Instrumen 1-10 Lengkap Dengan Penjelasannya
Bukti Fisik Akreditasi 2018 SD/MI Standar Proses: Instrumen 11-31 Lengkap Dengan Penjelasannya
Sumber https://www.anekapendidikan.com/
Delapan komponen standar nasional pendidikan yang disusun oleh Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP). Dalam blog ini kami bahas bukti fisik akreditasi sekolah SD/MI lengkap 119 instrumen akreditasi dari 8 standar. Delapan standar tersebut meliputi (1) Standar Isi (2) Standar Proses (3) Standar Kompetensi Lulusan (4) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (5) Standar Sarana dan Prasarana (6) Standar Pengelolaan (7) Standar Pembiayaan (8) Standar Penilaian Pendidikan.
Dalam artikel ini yang dibahas adalah Standar 2 yaitu Standar Proses dan bukti fisik yang harus disediakan.
Untuk lebih jelasnya mari kita mulai saja.
Instrumen No 32
Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME ,sesuai perkembangan siswa yang diperoleh dari pengalaman siswa
dalam pembelajaran melalui pembiasaan :
(1) integrasi pengembangan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dalam kegiatan pembelajaran,
(2) berdoa setiap memulai dan mengakhiri kegiatan,
(3) santun dalam berbicara dan berperilaku,
(4) berpakaian sopan sesuai aturan sekolah / madrasah,
(5) mengucapkan salam saat masuk kelas,
(6) melaksanakan kegiatan ibadah,
(7) menyukuri setiap nikmat yang diperoleh,
(8) menumbuhkan sikap saling menolong / berempati,
(9) menghormati perbedaan, (10) antre saat bergantian memakai fasilitas sekolah sekolah / madrasah.
Bukti fisiknya:
1.Dokumen
a.Program Pembiasaan yang ada di Sekolah/Madarsah dan bukti pelaksanaan program dapat didownload pada link di bawah
b.Foto2 kegiatan yang mencerminkan sikap religius siswa
2.Observasi lingkungan tentang aktifitas yang dilakukan oleh siswa
baik dalam kegitan intrakurikuler,kokurikuler dan ekstrakurikuler.
idikan dan komite.
3.Wawancara dengan kepala sekolah,guru,tenaga pendidikan dan
komite sekolah
Download Contoh Program pembiasaan, Berita acara, Daftar hadir rapat, Notulen,Undangan
Program pembiasaan Sekolah/Madrasah. Jadwal pembiasaan, SK Pembagian Tugas
PBM dan tugas lain. Foto Sholat berjamaah, Duha dll.
Foto antre masuk kelas, WC, Perpus dll.
Tata tertib sekolah (Download contoh Tata Tertib Sekolah), kelas, Perpus.
Dokumen hasil pengamatan PBM, Kokurikuler, Ekstrakurikuler.
Dokumen kegiatan Ekstrakurikuler ( Program,Jadwal,Daftar Hadir,Pelaksanaan, Evaluasi Program)
Instrumen No 33.
Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sosial dengan karakter :
(1) jujur dan bertanggung jawab ,
(2) peduli,
(3) gotong-royong dan demokratis,
(4) percaya diri,
(5) nasionalisme yang diperoleh melalui kegiatan pembelajaran dan pembiasaan.
Bukti Fisik:
1.Dokumen
a.Program pembiasaan Sekolah/Madrasah. Jadwal, dan Laporan pelaksanaan kegiatan serta evaluasi.
b.Dokumentasi kegiatan. (Foto kegiatan yang berkaitan pengembangan karakter).
2.Observasi aktifitas siswa terkait dengan pengembangan karakter.
3.Wawancara dengan guru kelas dan siswa.
Instrumen No 34.
Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap pembelajar sejati sepanjang hayat sesuai dengan perkembangan anak, yang diperoleh dari pengalaman pembelajaran dan pembiasaan melalui gerakan literasi sekolah/madrasah, meliputi:
(1) perencanaan dan penilaian program literasi,
(2) waktu yang cukup untuk kegiatan literasi,
(3) membaca buku,
(4) lomba terkait literasi,
(5) memajang karya tulis,
(6) penghargaan berkala untuk siswa,
(7) pelatihan literasi
Program literasi, foto -foto kegiatan literasi di sekolah, Jadwal pelaksanaan kegiatan literasi, Hasil kerja literasi anak berupa sinopsis sederhana.
Instrumen No 35.
Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sehat jasmani dan rohani melalui kegiatan Kesiswaan , berupa :
(1) olahraga,
(2) seni,
(3) kepramukaan,
(4) UKS,
(5) keagamaan,
(6) lomba yang terkait dengan kesehatan jasmani dan rohani
Bukti Fisik:
1.Dokumen
a.Program, Laporan dan Dokumentasi Kegiatan Kesiswaan.
b.Kehadiran siswa dalam pembelajaran
c.Kegiatan Ekstrakulikuler Wajib maupun pilihan.
d.Kegiatan UKS yang meliputi: Kantin Sehat,Bina mental Untuk pencegahan Napza (Narkotika,Alkohol,Psikotropika dan Zat Aditif lainnya) HIV/AIDS,tindak kekerasan dll
e.Prestasi dalam bidang OR dan seni.
f.Catatan perkembangan siswa dari guru PJOK wali kelas dan kepala sekolah
2.Wawancara Guru, siswa dan komite sekolah.
3.Observasi lingkungan sekolah yang meliputi kantin,UKS dan Koperasi.
Dibuktikan dengan adanya Program ekstra kurikuler ( OR,Seni,Pramuka,TPQ ), Jadwal, Daftar hadir, Penilaian kegiatan ekstra, buku pembimbingan dan pengiriman dan hasil lomba ( dibuktikan dengan piagam ), Administrasi UKS, Kantin, Koperasi.
Silahkan Download Contoh Program Ekstrakurikuler Sekolah
Silahkan Download Contoh Program UKS
Instrumen No 36.
Siswa memiliki pengetahuan :
(1) faktual,
(2) konseptual,
(3) prosedural,
(4) metakognitif dalam setiap tema sesuai dengan pembelajaran tematik terpadu
Bukti fisik:
1.Dokumen
a.Silabus,RPP setiap mapel
b.Portofolio dan Laporan Kegiatan
c.Penilaian.
2.Observasi
a.Proses Kegiatan PBM dikelas dan di luar kelas.
b.Sarpras yang berkaitan dengan KBM.
3.Wawancara dengan guru dan siswa.
Instrumen No 37.
Siswa memperoleh pengalaman pembelajaran yang ditunjukkan oleh kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal, meliputi:
(1) kegiatan yang menunjukkan keberagaman budaya,
(2) peringatan hari-hari besar ,
(3) peringatan hari-hari besar agama,
(4) pentas seni budaya,
(5) bulan bahasa
Bukti Fisik:
1.Dokumen
a.Program Sekolah
b.Laporan Pelaksanaan Kegiatan seni dan Budaya Lokal.
2.Observasi Proses pembelajaran kegiatan Intrakurikuler,Kokurikuler dan Ekstrakurikuler.
3.Wawancara dengan guru dan siswa.
Dokumen ( Karnaval mengenakan pakaian adat, Kliping keragaman budaya,)
penggunaan metode bermain peran
Dukumen kegiatan hari besar nasional
Dokumen kegiatan PHBI
Dokumen kegiatan pentas seni dan Budaya
Dokumen kegiatan Bulan Bahasa
Instrumen No 38.
Siswa memperoleh pengalaman pembelajaran menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif melalui pemanfaatan sumber belajar berupa
(1) bahan ajar,
(2) buku teks,
(3) perpustakaan,
(4) alat peraga,
(5) internet
Bukti fisik:
Dibuktikan dengan adanya Buku Peminjaman penggunaan sumber belajar ( Bahan ajar,Buku teks, Perpustakaan, Alat peraga dan,
Internet dibuktikan dengan hasil download dari internet berkaitan dengan materi pelajaran) .
Baca Juga Bukti Fisik Akreditasi 2018 SD/MI Standar Isi: Instrumen 1-10 Lengkap Dengan Penjelasannya
Bukti Fisik Akreditasi 2018 SD/MI Standar Proses: Instrumen 11-31 Lengkap Dengan Penjelasannya
0 Response to "Bukti Fisik Akreditasi 2018 SD/MI Standar Kompetensi Lulusan: Instrumen 32-38 Lengkap Dengan Penjelasannya"
Post a Comment