SOAL DAN PEMBAHASAN MENGURUTKAN KALIMAT ACAK TEKS LAPORAN



29. Bacalah teks berikut!
(1) Perjalanan wisata ke Kampung Wisata Cinangneng itu akan kami jadikan kegiatan rutin tahunan.
(2) Kami berangkat menuju Kampung Wisata Cinangneng hari Sabtu, tanggal 8 Oktober, pukul 07.00.
(3) Sesampai di sana banyak temuan yang kami catat sebagai tambahan ilmu pengetahuan.
(4) Objek wisata Kampung Wisata Cinangneng merupakan pilihan utama tujuan wisata kami. 
(5) Rombongan kami berjumlah 200 orang dengan 4 bus. 
Susunan kalimat laporan tersebut yang tepat adalah ….
A. (5)-(2)-(1)-(3)-(4)
B. (4)-(5)-(2)-(1)-(3)
C. (5)-(3)-(2)-(4)-(1)
D. (4)-(2)-(5)-(3)-(1)
Kunci jawaban: D
Pembahasan
Teks laporan hasil observasi adalah teks yang mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh dari hasil pengamatan, bukan hasil imajinasi. Struktur teks laporan diawali dengan pernyataan umum dan diikuti dengan deskripsi setiap bagian atau aspek yang dilaporkan, dan deskripsi manfaat.
Menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks artinya menyusun secara urut kalimat-kalimat dalam teks yang mungkin sebelumnya acak/tidak urut. Penyusunan kalimat dalam teks diurutkan secara logis dan berhubungan satu dengan yang lain. 
Menyusun kalimat-kalimat dalam teks dapat dilakukan dengan menempatkan kalimat utama pada awal kemudian diikuti kalimat-kalimat penjelas. Pada soal di atas kalimat utamanya adalah kalimat (4) Objek wisata Kampung Wisata Cinangneng merupakan pilihan utama tujuan wisata kami. Dengan demikian urutan kalimat-kalimat yang logis adalah (4)-(2)-(5)-(3)-(1) atau opsi D.

Related

MENYUSUN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

A.  Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh melalui pengamatan. Dengan teks tersebut, pembaca memperoleh sejumlah pengetahuan ataupun wawasan, bukan hasil imajinasi.

B.  Ciri-Ciri Laporan Hasil Observasi

laporan hasil observasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
1. Menyajikan fakta-fakta tentang keadaan peristiwa, tempat, benda, atau orang. Misalnya, menggambarkan keadaan peristiwa dan keadaan tempat.
2. Menambah pengetahuan dan wawasan kepada pembacanya.

C.  Langkah-Langkah Menulis Teks Laporan Observasi

Adapun langkah-langkah yang lebih sistematis adalah sebagai berikut.

1. Melakukan observasi atau pengamatan lapangan dengan kriteria objek menarik dan dikuasai. Topik observasi, misalnya tentang kegiatan karnaval.

2. Mendaftar topik-topik kecil yang dapat dikembangkan menjadi laporan.

Contoh:

a. Karnaval sebagai kegiatan rutin tahunan

b. Deretan peserta karnaval

c. Kegiatan peserta karnaval

d. Keadaan para penonton

e. Kegiatan lain di dalam karnaval

f. Manfaat karnavalLaporan Hasil Observasi 3. Menyusun kerangka laporan sesuai dengan sistematika umum sebuah teks laporan observasi yaitu defnisi umum, deskripsi per bagian, dan deskripsi manfaat.

Struktur Umum Rincian Topik Pengembangan

a. Defnisi umum • Karnaval sebagai kegiatan rutin tahunan

b. Deskripsi per bagian • Deretan peserta karnaval

• Kegiatan peserta karnaval

• Keadaan para penonton

• Kegiatan lain di dalam karnaval

c. Deskripsi manfaat • Manfaat karnaval

4. Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi suatu teks yang padu. Dalam tahap ini kita pun perlu memerhatikan kaidah-kaidah kebahasaan yang menjadi karakteristik dari teks laporan observasi. Dengan demikian, hasilnya benar-benar sesuai dengan kaidah-kaidahnya itu dan tidak berubah wujud menjadi teks jenis lainnya.

Contoh pengembangan teks:

Karnaval merupakan kegiatan rutin di kota kami. Kegiatan tersebut dilaksanakan setahun sekali di akhir tahun, menjelang perpisahan sekolah. Para pesertanya adalah utusan dari masing-masing sekolah. Mereka menyajikan berbagai atraksi dengan kostum yang bermacam-macam; kemudian berbaris membentuk kelompok masing-masing Rombongan ini terbagi menjadi beberapa kelompok. Paling depan, deretan siswi-siswi imut. Mereka asyik memainkan mayoret, melakukan koreograf menggunakan benderanya masing-masing. Kelompok mayoret ini diikuti dengan marching band, disusul dengan sejumlah pelajar yang menempeli tubuh mereka dengan papan yang bertuliskan hak-hak yang patut dituntut remaja. Rombongan diakhiri dengan sekelompok pelajar yang berbaris di dalam “selimut” berbentuk spanduk yang diisi petisi berupa tanda tangan pelajar dari sejumlah sekolah di Bandung. Mengasyikkan memang acara itu. Hampir semua peserta merasa senang, termasuk masyarakat yang berjubel menyaksikannya. Mereka semua terhibur. Selain itu, karnaval meningkatkan solidaritas dan kekompakan di antara pelajar, khususnya di Kota Bandung. Mudah-mudahan dengan kegiatan seperti itu mereka semakin berprestasi dan terjauh pula dari berbagai tawuran dan kegiatan-kegiatan tidak produktif lainnya yang sering kali melanda kalangan remaja di kota-kota lainnya. (Kosasih, 2014:43-59)

5. Mengurutkan Kalimat Acak Menjadi Paragraf Padu.

Kalimat acak adalah kalimat lepas yang dapat dijadikan paragraf yang padu dengan cara menempatkan kalimat utama lebih dahulu kemudian diikuti kalimat penjelas yang diurutkan secara logis dan berhubungan satu dengan yang lain.

Langkah-langkah mengurutkan kalimat acak menjadi paragraf padu adalah sebagai berikut.

1.      Bacalah dengan cermat.

2.      Pilihlah data yang bersifat umum dan memuat gagasan utama. Gunakan data tersebut sebagai kalimat utama kemudian diikuti kalimat penjelas. Dapat pula dengan menggunakan urutan waktu atau kronologis.

3.      Susun data atau kalimat yang disajikan menjadi paragraf padu berdasarkan urutan logis. Misalnya dimulai dengan kalimat yang memuat gagasan umum kemudian diikuti dengan gagasan khusus atau penjelas. Dapat pula dengan urutan waktu atau kronologis.


BAHAN LES/PERSIAPAN UN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SMP/MTs.

PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.

1. Menentukan Makna Istilah Klik

2. Menentukan Maksud Kalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik

3. Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik

4. Kalimat Hubungan Pertentangan Klik

5. Ide Pokok Paragraf Klik

6. Kalimat Utama Paragraf Klik

7. Kalimat Simpulan Paragraf Klik

8. Ringkasan Teks Klik

9. Perbandingan Penggunaan Bahasa Dua Teks Klik

10. Pola Pengembangan Cerita Klik

11. Menentukan Makna Ungkapan Klik

12. Menentukan Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik

13. Menentukan Keistimewaan Tokoh dalam Teks Biografi Klik

14. Menentukan Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi Klik

15. Menentukan Tokoh Utama Cerita Klik

16. Menentukan Latar Suasana Cerita Klik

17. Menentukan Cara Penggambaran Watak Tokoh Dalam Cerita Klik

18. Menentukan Makna Kata Simbolik Klik

19. Menentukan Amanat Cerita Klik

20. Menentukan Nilai Moral dalam Cerita Klik

21. Menentukan Penyebab Konflik dalam Cerita Klik

22. Menentukan Perbedaan Pola Pengembangan Cerita Klik

23. Menentukan Perbedaan Penggunaan Bahasa dalam Cerita Klik

24. Menentukan Isi dan Nilai Cerita Klik

25. Menentukan Keunggulan Cerita Klik

26. Melengkapi Kalimat dengan Kata Depan yang Tepat Klik

27. Melengkapi Kalimat dengan Kata Seru Klik

28. Mengurutkan Kalimat Acak pada Teks Prosedur Klik

29. Mengurutkan Kalimat Acak pada Teks Laporan Klik



BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs. MAPEL BAHASA INDONESIA KLIK



RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

BACA DI BLOG:

  1. Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks

Klik

  1. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks

Klik

  1. Makna kata dalam teks

Klik

  1. Ide pokok paragraf

Klik

  1. Kalimat utama paragraf

Klik

  1. Simpulan paragraf

Klik

  1. Kalimat persetujuan dalam teks

Klik

  1. Kalimat hubungan sebab akibat

Klik

  1. Kalimat yang menunjukkan (bukti) watak tokoh cerita

Klik

  1. Konflik dalam cerita

Klik

  1. Amanat cerita

Klik

  1. Kalimat yang tidak padu dalam teks

Klik

  1. Peristiwa yang tergambar dalam teks

Klik

  1. Teks laporan

Klik

  1. Urutan kalimat teks sastra

Klik

  1. Mengubah teks ke bentuk teks lain

Klik

  1. Perbaikan penulisan ejaan

Klik

  1. Perbaikan kalimat (kalimat efektif)

Klik

  1. Ringkasan teks

Klik

  1. Tokoh utama cerita

Klik

  1. Konflik, penyebab konflik, dan akibat konflik

Klik

  1. Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita

Klik

  1. Kalimat yang menyatakan keunngulan buku

Klik

  1. Struktur teks resensi

Klik

  1. Pendapat pro dan kontra

Klik

  1. Jenis-jenis teks prosedur

Klik

  1. Melengkapi teks prosedur

Klik

  1. Menyunting teks prosedur

Klik

  1. Keistimewaan tokoh dalam teks biografi

Klik

  1. Keteladanan tokoh dalam teks biografi

Klik

  1. Fakta dan opini dalam teks biografi

Klik

  1. Membandingkan nilai moral dua teks fabel

Klik

  1. Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel

Klik

  1. Bagian-bagian teks ulasan film/drama

Klik

  1. Cara memvariasikan kalimat

Klik

  1. Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)

Klik

  1. Makna simbol dalam cerpen

Klik

  1. Menentukan bagian alur cerpen

Klik

  1. Syarat-syarat paragraf yang baik

Klik

  1. Melengkapi kalimat dengan istilah yang tepat

Klik

  1. Melengkapi kalimat dengan kata bentukan

Klik

42.Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat

Klik

  1. Melengkapi kalimat dengan kata penghubung

Klik

  1. Kalimat tidak efektif

Klik

  1. Alasan penggunaan kata yang salah

Klik

  1. Penulisan huruf kapital

Klik

  1. Penggunaan ejaan yang tidak tepat

Klik

  1. Kesalahan penggunaan tanda baca

Klik

  1. Penggunaan ejaan yang tepat

Klik

  1. Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca

Klik





zuhriindonesia

Related Posts

0 Response to "SOAL DAN PEMBAHASAN MENGURUTKAN KALIMAT ACAK TEKS LAPORAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel